Beranda > Safety Riding > Di Amerika Jarang yang Pake Helm ?

Di Amerika Jarang yang Pake Helm ?

Bikers Indonesia. 21 April 2011 – Para pengendara sepeda motor di Amerika ternyata kebanyakan tidak menggunakan helm ketika berkendara. Persentase pengendara motor yang menggunakan helm pun menurun.


Sebuah statistik yang  dikeluarkan oleh Governers Highway Safety Association menunjukkan bahwa penggunaan helm sepeda motor turun 13 persen di tahun 2010 bila dibandingkan dengan tahun 2009.


Bila pada tahun 2009 67 persen pengendara motor selalu menggunakan helm sebagai atribut pelindung, di tahun 2010 angka itu berkurang jadi hanya 54 persen.


Namun uniknya, data GHSA ini juga mengungkapkan bahwa korban kecelakaan pengendara sepeda motor korban pada tahun 2010 ternyata turun sekitar 2 persen bila dibandingkan dengan 2009 meski penurunan kecelakaan sepeda motor di 2010 terkonsentrasi di bulan-bulan awal tahun.

Sementara korban lalu meningkat sekitar 3 persen pada kuartal ketiga 2010 dibandingkan dengan triwulan yang sama pada tahun 2009.


Merunut data dari GHSA, pada tahun 2008 sedikitnya 42 persen pengendara sepeda motor luka fatal karena tidak memakai helm. Angka kematian di tahun 2008 tercatat dua kali lipat dibanding 1997.


Dan 2009 adalah tahun pertama di mana sepeda motor korban jiwa menurun selama 11 tahun.


Banyaknya para pengendara motor yang tidak menggunakan helm seperti detikOto kutip dari Visordown terjadi karena ternyata hanya 20 negara bagian di Amerika yang memiliki hukum dimana para pengendara harus mengenakan helm ketika berkendara.


Karena itulah Parlemen Amerika Serikat pun turun tangan dan meminta pihak petugas lembaga lalu lintas untuk lebih berkonsentrasi dengan mensuarakan wajib helm untuk pengendara roda dua. Seperti dilansir motorcycle-usa, Rabu (20/4/2011). 


Kepada American Motorcyclist Association (AMA) anggota parlemen AS mengatakan ingin lembaga lalu lintas berkonsentrasi pada pencegahan kecelakaan sepeda motor, serta memberikan pendidikan dalam berkendara untuk para pengendara.


Namun tidak berhenti sampai disitu, anggora parlemen Amerika Jim Sensenbrenner dan rekan-rekannya berencana untuk memperkenalkan sebuah resolusi yang mereka beri nama May 2 yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan pengendara motor.


Resolusi itu mendesak pihak yang berwenang untuk lebih fokus pada pencegahan kecelakaan sepeda motor sebagai langkah pertama dalam keselamatan sepeda motor.


Jika disetujui, resolusi ini memberikan kewenangan bagi Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) untuk menerapkan aturan wajib menggunakan helm tanpa perlu melobi pemerintah negara bagian.
sumber : DetikOto

Kategori:Safety Riding
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: