Beranda > Kesehatan, Ketrampilan Berkendara, Safety Riding > Safety Gear Tepat, Hujan Bukan Halangan!

Safety Gear Tepat, Hujan Bukan Halangan!

Bikers Indonesia. 28 Februari 2011 – Hingga pagi ini (28/2), hujan masih terus mengguyur. Bukan hanya di Jakarta tapi merata hampir di semua wilayah Indonesia. Padahal segala aktivitas dan mobilitas bikers tak boleh terhambat hanya gara-gara hujan.

So, agar tetap maju terus panjang mundur hadapi hujan, siapkan dulu safety gearnya! Berawal dari pesiapan yang tepat, berkendara di saat hujan pun bisa dilakukan dengan baik.


Lalu apa saja yang harus diperhatikan? Paling pertama tentunya jas hujan. Ada dua syarat utama jas hujan. Yang pertama adalah, pilih yang bentuknya two piece. 

Jas hujan yang terdiri celana dan baju yang terpisah ini lebih memudahkan pergerakan badan saat berkendara. Selain itu, tidak akan terbang seperti jas hujan model plonco atau biasa disebut model batman.

Dan sebisa mungkin pilih jas hujan yang warnanya cerah, atau minimal ada bahan scotlight yang bisa memantulkan cahaya. Harus terang karena saat hujan kondisinya cenderung lebih gelap, tujuannya agar kita mudah terlihat oleh pengendara lain.

Safety gear berikutnya adalah helm. Open face atau full face boleh dipakai asalkan visor atau kaca helm-nya bening. Karena kondisi lingkungan lebih gelap, kaca bening membuat pandangan kita lebih leluasa.

Dan yang terakhir adalah alas kaki. Jangan biasakan sayang sepatu dari pada kaki. Masalahnya banyak biker yang justru lepas alas kaki atau pakai sendal saat berkendara di bawah guyuran hujan.

Hujan dan aspal yang licin pada dasarnya membuat motor lebih sulit dikendalikan sehingga resiko untuk terjatuh lebih besar. Nah, saat kaki tidak terlindungi, efek celakanya bisa lebih besar.

Sebaiknya tetap pilih sepatu sebagai alas kaki. Sebisa mungkin gunakan sepatu yang memiliki hak, agar kaki tidak mudah lepas dari footstep. 

Mudah kan? Ayo siapkan safety gear yang tepat sebelum hujan!
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: