Beranda > Motor, Servis, Yamaha, YMKI > Ganti Lampu Spidometer V-Ixion, Gaya dan Bikin Nyaman Mata

Ganti Lampu Spidometer V-Ixion, Gaya dan Bikin Nyaman Mata

Buka rumah speedo pakai obeng kembang

Bikers Indonesia. 18 Februari 2011 –  Yamaha V-ixion yang ingin penyegaran enggak perlu nunggu lama, atau tunggu PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) melakukan face-lift. Sebab, up-grade tampilan cara sederhana bisa dilakukan sendiri. Misal lpenggantian lampu di spidometer.


Apalagi banyak pemilik V-ixion berpendapat kalau lampu di spidometer standar sudah kelihatan agak kuno. Setidaknya, itulah kata mereka yang kebetulan mampir ke Kahanan Motor (KM) dan curhat dengan Supriyadi, sang montir.

Mereka bilang warna lampunya biasa saja. Putih dan sepertinya tidak berkelas. Selain itu, lampu putih seperti ini tidak menimbulkan image mewah. Makanya saya kepikiran mengganti lampu di dalam penal dengan bohlam LED kebiruan.

Kata Supriyadi, di pasaran memang banyak yang jual bohlam lampu LED. Tapi kayaknya kurang sreg dilihat jika untuk tunggangan seperti ini. 

Dan kalau Yamaha memang memproduksi lampu seperti itu, kenapa juga enggak coba yang ada.

Pastinya pilih bohlam LED produk Yamaha punya alasan khusus. Selain harganya terjangkau, dengan membeli spare- parts resmi pabrikan kualitasnya pun tidak diragukan lagi. 

Gak heran kalau Supriyadi yang lihat lampu model ini hanya ada di New Jupiter Z dan berwarna agak biru. Hal ini pasti bisa menimbulkan kesan mewah dan mata juga enak dilihat.


Perhatikan bedanya,
 lampu New Jupiter Z yang lebih kecil

Atas dasar itu, akhirnya dicobalah lampu LED dari satu pabrikan itu untuk pencahayaan di rumah spidometer V-ixion.

Hanya saja untuk membukanya butuh kunci 10 yang punya tugas melepaskan rumah spidometer dari dudukannya.

Setelah rumah spido tadi dibongkar. Tahap berikutnya menggunakan obeng kembang. Obeng ini digunakan untuk melepas rumah batok lampu bagian belakang dengan rumah reflektor yang berada di depan. 

Nah, setelah rumah tadi terbuka maka akan terlihat berbagai jalur kabel berserta soket yang masih menempel. 

Selanjutnya kita bisa lihat soket dan kabel yang merupakan jalur lampu spido. Lalu dudukan lampu kita cabut dengan cara ditarik, maka posisinya akan terlepas. Dengan begitu, kita pun dapat dengan mudah mengganti lampunya.

Untuk mengganti lampu itu caranya sangat mudah. Adaptor atau dudukan bohlam asli di rumah panel tinggal diputar hingga bohlam benar-benar terlepas. Begitu juga bila kita ingin memasang lampu pengganti. 

Caranya pun tinggal diputar ke arah dalam. Kalau sudah tahu, setelah itu tinggal kita ganti dengan punya New Jupiter Z tadi.

Setelah dipasang, coba perhatikan tampilan spidometer sekarang. Terlihat beda, mewah dan tentunya juga lebih ekslusif.


Enteng bukan?

Kategori:Motor, Servis, Yamaha, YMKI
  1. 18 Februari 2011 pukul 22:28

    makasih sob. membantu banget nih tutorialnya

  2. 18 Februari 2011 pukul 22:35

    keren betul nih tipnya sob sangat berguna sekali ntar aku coba ia thk sob

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: