Beranda > Bajaj, Mesin > Kenali Tools Kit Bajaj Pulsar, Jangan Bingung Karena Bentuk Beda

Kenali Tools Kit Bajaj Pulsar, Jangan Bingung Karena Bentuk Beda

Bikers Indonesia. Jakarta 7 Februari 2011 – Sudah pernah lihat tools kit bawaan Bajaj Pulsar? Itu loh kunci-kunci standar yang dibekali dari pabrikannya. Nah, ternyata banyak yang bingung dengan fungsinya, maklum bentuknya sedikit berbeda. 

Tools kit pada Pulsar 180 dan 135 ini  terdiri dari 5 item. Obeng dua muka plus-minus, kunci busi, dua kunci gabungan pas dan ring serta sebuah gagang sambungan. 

Kalau obeng sih, sama saja dengan tools kita pada sepeda motor kebanyakan. Sedang kunci businya sedikit berbeda, bentuknya lebih kecil sehingga bisa untuk melepas dan memasang busi Pulsar yang terletak di sebelah kiri.


Pulsar mengadopsi teknologi DTSi Digital Twin Spark Ignition, di kepala silindernya ada dua busi. Letaknya di sisi kanan dan kiri. Yang ada di kiri posisinya lebih menjorok ke dalam dan hanya bisa dibuka dengan kunci busi yang diameternya tidak terlalu besar (gb.1). 

Nah, sekarang tinggal yang bikin bingung. Yaitu dua buah kunci pas. “Kunci pasnya memang sedikit berbeda bentuknya, meski begitu fungsinya sama saja,” jelas Dika Purbaya Kusama, mekanik bengkel Bajaj, Plaza Motorsport.


Menurut mekanik yang bengkelnya mangkal di kawasan Jl Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini, kunci yang ukurannya besar fungsinya sebagai kunci ring 17 dan kunci pas 10. 

“Kunci ring 17 bisa dipakai untuk melepas as roda hingga mengencangkan komstir (gb.3). Kenapa bentuknya kunci ring, pastinya agar tidak mudah lepas saat digunakan karena baut yang akan dikencangkan lebih keras,” jelasnya. 

Sedang kunci pas 10 bisa dipakai untuk melakukan setting kabel kopling (gb.2). Dan, kunci yang satu lagi adalah kunci ring 14 dan pas 12. 


“Selain bisa dipakai untuk membantu menahan baut as roda saat dibuka (gb.4), kunci ring 14 ini bisa digunakan juga sebagai sambungan kunci busi. Jadinya buka busi lebih ringan,” ungkap penyuka turing ini.

Sedang satu lagi adalah batang sambungan untuk memperpanjang kunci ring 17 atau 14. Jadi saat mengencangkan baut roda atau melakukan setel rantai bisa lebih ringan. 


Tuh, jangan bingung lagi!

Kategori:Bajaj, Mesin
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: