Beranda > Mobil, Motor, Pertamina, Premium > Premium Dibatasi, Pengguna Mobil Beralih Naik Motor?

Premium Dibatasi, Pengguna Mobil Beralih Naik Motor?

GambarJakarta 9 Desember 2010  – Pemerintah sudah memberikan opsi agar mobil dilarang menggunakan BBM subsidi atau Premium. Keputusan ini tinggal menunggu persetujuan DPR saja. Terkait dengan hal itu apakah pengguna mobil akan beralih menggunakan motor untuk menghindari peraturan tersebut.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata mengatakan presentase beralihnya pengguna mobil ke motor tidak dapat diprediksi. Masalahnya seperti yang dijelaskan Gunadi peraturan pelarangan menggunakan BBM non subsidi belum jelas.


Seperti apakah pelarangan mobil itu. Apakah tahun 2005 ke atas yang tidak diperbolehkan atau mulai 2000 ke atas. Kalau 2000 ke atas yang tidak boleh kemungkinan bakal banyak yang beralih ke motor.


Namun menurut Gunadi jika peraturan yang mengharuskan pemilik mobil mulai tahun 2005 keatas harus menggunakan Pertamax, kemungkinan yang beralih ke motor sedikit. “Soalnya pengguna mobil 2005 ke atas sedikit dan tidak banyak,” tandas Gunadi.


Saat ini pemerintah masih menggodok dan menyiapkan 2 opsi untuk mekanisme pengaturan konsumsi BBM bersubsidi pada 2011. Opsinya pertama adalah larangan menggunakan BBM bersubsidi untuk semua mobil plat hitam atau mobil di atas tahun 2005.


Pembatasan BBM non-subsidi lantaran besarnya pengguna BBM Premium di Indonesia pada 2010. Bahkan pemerintah mengaku harus ‘nombok’ menambah lagi subsidi BBM karena melewati quota yang ditentukan. Untuk 2010, kuota BBM Premium melampaui 36,5 juta KL.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: