Penjualan Ban Motor Skutik Melesat

Jakarta, 28 Oktober 2010 – Pesatnya jumlah penjualan skuter matik (skutik) ternyata ikut mendongkrak penjualan ban yang ditujukan khusus untuk motor jenis ini.

PT Gajah Tunggal Tbk yang juga memproduksi ban untuk motor mencatat kenaikan penjualan yang cukup signifikan untuk ban skutik.
Paling banyak untuk motor bebek. Hanya yang berkembang pesat tiga tahun terakhir adalah skutik. Pada 2009, penjualan mencapai 10,8 juta unit, dan tahun ini ditargetkan 13 juta.

Menurutnya, pada saat ini, kapasitas produksi untuk ban motor adalah sekira 60 ribu unit per hari. APBI mencatat, produksi ban motor dan skuter pada tahun ini dipatok sebesar 31,9 juta unit, naik 122 persen dibandingkan dengan 2009 yaitu 28,5 juta unit.
Dari tujuh produsen di Indonesia, volume produksi terbesar yakni PT Gajah Tunggal Tbk menargetkan sekitar 15,97 juta unit, disusul PT Suryaraya Rubberindo Industries 7,8 juta unit, dan PT Sumi Rubber Indonesia 4.22 juta unit.

Sisanya disumbangkan oleh PT Industri Karet Deli (dua juta unit), PT Banteng Pratama Rubber Co (1,44 juta unit), PT Hung-A Indonesia (273.555 unit) dan PT Surabaya Kencana Tyre Industry (227.065 unit).

Penjualan ban motor di dalam negeri ditargetkan naik menjadi 29.9 juta unit (10 persen), di mana segmen replacement diproyeksikan meningkat 8,5 persen dan segmen pabrikan 12 persen.

Arijanto menambahkan, pihaknya memang telah berencana melakukan ekspansi untuk jenis ban motor. Namun sayangnya, Arijanto belum mau menjelaskan hal itu secara rinci.
Dalam beberapa waktu dekat akan keluarkan beberapa produk. Sudah ada planning. Tapi tahun depan,” tandas Arijanto.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: